Blog

Obat Batuk Tradisional Untuk Anak

Tahukah anda obat batuk tradisional yang terbukti ampuh secara ilmiah?

obat batuk yang tidak pahit bahkan terasa manis dan enak? obat batuk tradisional yang aman untuk bayi, balita,  ibu hamil, dan menyusui? Jawabannya adalah MADU.

Madu terbukti secara ilmiah sebagai obat batuk tradisional yang ampuh, sebagaimana penelitian terkini menyimpulkan bahwa madu lebih efektif dibandingkan plasebo dalam mengendalikan (meredakan) batuk malam hari pada anak yang mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Pada penelitian tersebut disimpulkan bahwa madu sebagai obat batuk tradisional atau pengobatan alternatif yang dapat diberikan untuk anak usia diatas 1 tahun. Ingat, Bayi usia dibawah satu tahun tidak boleh diberi madu, karena sistem pertahanan tubuh yang belum sempurna sehingga berisiko terhadap botulisme karena spora botulisme yang ditemukan di beberapa madu.

Bagaimana Cara Menggunakan Madu Sebagai Obat Batuk?

* Untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas yang menderita batuk akibat infeksi saluran pernapasan  diberikan sampai 1-2 sendok teh (10 ml) madu pada waktu malam hari sebelum tidur. Madu tampaknya dapat mengurangi batuk malam hari dan membuat tidur nyenyak.

*Untuk anak usia diatas 6 tahun dan dewasa dapat menggunakan dosis 2-4 sendok teh madu murni per hari.

Selain itu juga ada beberapa bahan tradisional yang dapat anda gunakan sebagai obat batuk anak , diantaranya adalah :

  • Jahe dan Kencur

Obat batuk herbal untuk anak 1 tahun ini mudah untuk dibuat, caranya yaitu siapkan jahe dan kencur. Masing-masing ukurannya yaitu sekitar 1 cm, memarkan dan kemudian direbus menggunakan air 1 gelas. Setelah itu, tunggu sampai air yang tersisa tinggal setengahnya, tambahkan juga perasan 1 buah jeruk nipis dan juga 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata dan angkat, saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga terasa hangat. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat herbal batuk yang dialami buah hati Anda. Jika dirasa ramuan ini seperti jamu, Anda juga dapat menambahkan sedikit gula pasir.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang terkenal sebagai obat herbal yang digunakan untuk mengatasi batuk, tidak hanya digunakan untuk orangtua saja tetapi juga baik untuk anak-anak. Caranya cukup mudah, yang pertama yaitu dengan menggunakan 3 sendok makan perasan jeruk nipis campur dengan 3 sendok makan madu dan juga air matang sebanyak 5 sendok makan. Bahan-bahan tersebut dapat Anda tim, kira-kira yaitu sekitar 30 menit. Untuk anak umur 1 tahun dapat menggunakan takaran setengah sendok teh, sehari 2 kali. Sedangkan untuk anak berumur 2 tahun dapat menggunakan takaran 1 sendok teh dan diminum sehari 2 kali.

  • Kencur

Untuk mengobati batuk anak, Anda dapat memanfaatkan kencur sebagai obat herbal. Obat ini juga dapat digunakan untuk anak Anda yang berusia 2 tahun, obat batuk herbal untuk anak 2 tahun ini aman. Caranya yaitu dengan menyiapkan 5 gram kencur yang telah dicuci bersih. Parut kencur tersebut dan kemudian tambahkan 2 sendok makan air putih yang sudah dimasak, aduk sampai rata. Kemudian saring ramuan tersebut, tambahkan pula dengan madu sebanyak 1 sendok makan. Obat ini dapat Anda berikan kepada si kecil sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Itulah beberapa bahan yang dapat dijadikan obat herbal untuk mengatasi batuk yang diderita anak Anda. Jangan biarkan anak Anda tersiksa oleh penyakit batuk. Semoga informasi yang kita dapat ini bisa bermanfaat untuk untuk kita semua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *