Blog

Mengatasi Demam / Panas Pada Anak

Ketika anak demam, Mama segera mengusahakan agar demamnya turun dengan berbagai cara. orangtua sebaiknya berkonsentrasi untuk membuat anak merasa nyaman ketika demam dibanding menurunkan suhunya. Karena penyebab demam bisa beragam, usaha menurunkan panas juga bisa memperlambat kesembuhan.

Beberapa hal yang perlu diketahui orangtua mengenai demam adalah demam bukanlah penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus.

Banyak orangtua juga mencemaskan kejang demam. Obat penurun panas tidak terbukti dapat mencegah terjadinya kejang demam. Kejang (jika terjadi) biasanya disebabkan oleh kenaikan suhu tubuh yang pesat di tahap awal infeksi, seringkali sebelum para orangtua menyadari anaknya terkena demam.

Berikut ini adalah cara untuk meringankan gejala demam / panas dan gejala yang menyertainya :

  1. Jika anak rewel atau muncul tidak nyaman, Anda dapat memberikan Parasetamol (acetaminophen) atau ibuprofen berdasarkan rekomendasi paket untuk usia atau berat badan. (Kecuali diinstruksikan oleh dokter, jangan pernah memberikan aspirin kepada anak karena berhubungan dengan sindrom Reye, sebuah penyakit langka tapi berpotensi fatal.) Jika Anda tidak tahu dosis yang dianjurkan atau anak Anda lebih muda dari 2 tahun, konsultasikan dengan dokter berapa dosis obat  yang tepat.
  2. Ketika mandi gunakan air hangat, air dingin dapat menyebabkan menggigil, yang sebenarnya meningkatkan suhu tubuh. Jangan gunakan alkohol (dapat menyebabkan keracunan ketika diserap melalui kulit) atau es kemasan / mandi dingin (karena dapat menyebabkan menggigil yang dapat meningkatkan suhu tubuh).
  3. Gunakan pakaian ringan dan tutup dengan sehelai kain atau selimut. Memakai pakaian terlalu banyak dan terlalu tebal dapat mencegah panas tubuh keluar ke lingkungan sekitar dan malah dapat menyebabkan suhu tubuh semakin naik.
  4. Pastikan kamar tidur anak Anda pada suhu yang nyaman – tidak terlalu panas atau terlalu dingin.
  5. Memberi banyak cairan (minum) untuk mencegah dehidrasi – demam akan menyebabkan anak kehilangan cairan lebih cepat. Air, sup, dan susu adalah pilihan yang baik.
  6. Memberi banyak cairan (minum) untuk mencegah dehidrasi – demam akan menyebabkan anak kehilangan cairan lebih cepat. Air, sup, dan susu adalah pilihan yang baik.
  7. Pastikan anak Anda banyak beristirahat. Tinggal di tempat tidur sepanjang hari tidak diperlukan, tapi anak yang sakit harus cukup istirahat. Hindari membangunkan anak Anda untuk mengecek suhu tubuhnya dengan termometer. Tidur lebih penting baginya agar demamnya cepat turun.

    Kapan Harus Menghubungi Dokter ?

  • Bayi lebih muda dari 3 bulan dengan suhu 38°C atau lebih tinggi
  • Anak usia diatas 3 bulan dengan suhu 39°C

Demikianlah cara-cara yang tepat yang harus dilakukan ketika anak demam. So…..Jangan Panik ya mom bila si kecil demam………..
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *