Blog

TANDA TANDA ANAK KURANG GIZI

Anak Anak membutuhkan gizi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Di masa kanak-kanak, ia membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan, maka tak heran jika ia memiliki kebutuhan zat gizi yang tinggi.

Namun, kebutuhan zat gizi yang tinggi ini kadang tidak sejalan dengan pemenuhan gizi untuk si anak. Akibatnya, anak pun dapat menderita kekurangan gizi.

Kurang gizi merupakan dampak dari tidak terpenuhinya kebutuhan gizi anak yang berlangsung lama, bahkan dapat dimulai semenjak bayi masih dalam kandungan. Oleh karena itu, pemenuhan gizi ibu hamil sampai anak berusia 2 tahun harus menjadi perhatian utama karena ini merupakan masa yang dapat menentukan kehidupan anak selanjutnya

Anak yang kurang gizi dapat dilihat dari tanda-tandanya, sebagai berikut:
1. Mengalami kegagalan dalam pertumbuhannya. Kegagalan pertumbuhan ini dapat dilihat dari berat badan, tinggi badan, atau keduanya yang tidak sesuai dengan umurnya. Sehingga, biasanya anak kurang gizi mempunyai tubuh yang kurus, atau pendek, atau kurus-pendek.
2. Anak sangat mudah untuk marah, terlihat lesu, dan dapat menangis berlebihan. Anak juga mengalami kecemasan dan kurang perhatian terhadap lingkungan sekitar.
3. Kulit dan rambut anak kering, bahkan rambut anak rontok.
4. Kehilangan kekuatan ototnya

Untuk itu kita sebagai orangtua harus berusaha memenuhi kebutuhan gizi anak. Ingat, anak sedang dalam masa pertumbuhan, jadi kebutuhan gizinya cukup tinggi. Berikanlah selalu anak makanan dengan gizi yang seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *